Sukses

Undian SEA Games 2017: Timnas Indonesia Tantang Thailand

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Hasil undian cabang sepak bola SEA Games 2017 membuat Timnas Indonesia U-22 akan mendapatkan perlawanan sengit. Itu karena mereka berada satu grup dengan juara bertahan, yakni Thailand.

Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Thailand, Vietnam, Filipina, Kamboja, dan Timor Leste. Sedangkan Grup A dihuni tuan rumah Malaysia, Myanmar, Singapura, Laos, dan Brunei Darussalam yang notabene tingkat persaingannya sedikit lebih rendah.

Undian cabang sepak bola sendiri baru dilakukan pada Sabtu (8/7/201) pagi di Kuala Lumpur. Sebelumnya, sempat terjadi kontroversi karena Malaysia meminta agar mendapatkan keistimewaan dengan tak perlu melakukan pengundian.

Keinginan Malaysia tersebut mendapatkan kecaman keras dari sebagian besar peserta, termasuk Indonesia yang diwakili PSSI. Pada akhirnya, panitia pelaksana (panpel) SEA Games 2017 (Masoc) memutuskan untuk mengikutsertakan Malaysia sebagai peserta undian.



Belum ada jadwal resmi yang dirilis panpel. Tapi untuk lolos ke semifinal, peserta harus finis di dua posisi teratas. Karenanya, timnas Indonesia sendiri sudah bekerja cukup lama untuk menyongsong ajang empat tahunan tersebut.

Berbagai upaya telah dilakukan PSSI agar timnas Indonesia berjaya di SEA Games 2017. Salah satunya adalah perekrutan Luis Milla, pelatih yang mengukir sejarah bersama tim junior Spanyol. Lalu, PSSI sampai sempat mengubah regulasi di mana setiap tim Liga 1 harus memainkan tiga pemain U-23 selama 45 menit.

Semua itu dilakukan agar timnas Indonesia bisa mengakhiri paceklik medali emas SEA Games. Maklum, emas terakhir yang didapat timnas Indonesia adalah SEA Games 1991. Saat itu timnas Indonesia yang dilatih Anatoli Polosin dihuni Aji Santoso, Robby Darwis, Yusuf Ekodono, dan Bambang Nurdiansyah

 

1 dari 2 halaman

Hasil Undian

Grup A: Malaysia, Myanmar, Singapura, Laos, Brunei Darussalam

Grup B: Thailand, Vietnam, Indonesia, Filipina, Kamboja, Timor Leste

Artikel Selanjutnya
Elie Aiboy Dukung Langsung Timnas Indonesia U-22 di SEA Games
Artikel Selanjutnya
Top 10 Berita Bola: Myanmar Tunggu Timnas di Semifinal SEA Games