Sukses

Kejuaraan Voli Asia 2017: Bintang Thailand Waspadai Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Timnas voli Indonesia menjadikan medali emas sebagai target mereka di SEA Games 2017. Untuk mewujudkan hal tersebut, Indonesia harus mewaspadai beberapa tim, salah satunya adalah Thailand yang menjadi kandidat juara.

Bagi timnas voli Indonesia, medali emas SEA Games sudah menjadi barang mahal. Itu karena mereka tak pernah lagi meraihnya selama tujuh tahun. Tercatat, emas terakhir yang dipersembahkan timnas voli Indonesia didapat di SEA Games 2009.

Setelah itu, sejatinya Indonesia memiliki dua kesempatan untuk menambah koleksi emas. Sayang, dua kali pula langkah mereka dijegal Thailand. Mereka kalah di final SEA Games 2011 dan 2013. Sejak SEA Games 2011, Thailand yang selalu tampil sebagai juara.

Karenanya, sudah sepatutnya Indonesia kembali menjadikan tim Negeri Gajah Putih itu sebagai lawan yang paling diwaspadai. Apalagi, mereka juga diperkuat pemain yang sudah berulang kali tampil melawan Timnas Voli Indonesia. Ia adalah Jirayu Raksakaew yang sudah masuk timnas voli Thailand sejak 2009.

Meski Thailand menjadi tim yang diunggulkan, hal itu tak membuat Jirayu lantas meremehkan Indonesia. Bagi mereka, Indonesia juga menjadi lawan yang patut diwaspadai di SEA Games 2017.

"Tim Indonesia saat ini sangat berbeda dari SEA Games terakhir. Kualitas mereka jauh lebih baik. Dan para pemain mereka juga bagus dalam hal postur dan kekuatan. Jadi kami juga tak boleh meremehkan mereka," kata Jirayu saat ditemui Liputan6.com di GOR Tri Dharma, Gresik, Rabu (26/7/2017).



Di SEA Games 2017, Indonesia tergabung di Grup B bersama Filipina, Timor Leste, dan Vietnam. Sementara Thailand ada di Grup A bersama Myanmar, Malaysia, dan Kamboja.

1 dari 2 halaman

Gagal di Kejuaraan Voli Asia



Sama seperti Indonesia, Thailand juga menjadikan Kejuaraan Voli Asia 2017 sebagai ajang uji coba mereka. Sayang, penampilan tim asuhan Supajirakul Monchai itu gagal meraih hasil maksimal.

Mereka hanya menempati urutan ketiga Grup D yang dihuni Tiongkok, Australia, dan Hong Kong. Pada dua laga awal, mereka kalah 0-3 dari Tiongkok (19-25, 27-29, dan 13-25) dan 2-3 dari Australia (25-19, 28-26, 19-25, 14-25, dan 11-15). Pada laga terakhir, mereka menang 3-1 atas Hong Kong (23-25, 25-8, 25-19, dan 25-21)

Berkat hasil itu, Thailand pun gagal melaju ke 8 besar. Mereka hanya berhak masuk fase grup yang memperebutkan peringkat kesembilan Kejuaraan Voli Asia 2017. Namun, hal tersebut tak membuat Thailand pesimistis soal medali emas SEA Games 2017.

"Target kami tetap menjadi juara dan saya yakin kami bisa mewujudkannya. Tapi sekali lagi, kami harus tetap mewaspadai Indonesia," kata Jirayu yang siap mempersembahkan emas ke-10 SEA Games buat timnas voli Thailand. *

Artikel Selanjutnya
Target Timnas Kriket Tercapai di SEA Games, PCI Puas
Artikel Selanjutnya
Bungkam Tuan Rumah, Thailand Rebut Emas Sepak Bola SEA Games