Sukses

Kontingen Indonesia di SEA Games 2017 Berjumlah 755 Orang

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) memastikan jumlah kontingan Indonesia pada SEA Games 2017, Senin (31/7/2017).

Setelah menggelar rapat dengan Satuan Pelaksana Indonesia Emas (Satlak Prima), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), dan CDM Kontingen Indonesia, kontingen Indonesia pada SEA Games mendatang berjumlah 755 orang.

Kontingen Indonesia terdiri atas 534 atlet, 166 ofisial, pelatih, dan manajer, serta 55 perangkat pendukung. Semua keberangkatan kontingen Indonesia akan menggunakan dana APBN sebesar Rp 30,5 miliar plus Rp 6 miliar dari dana Satlak Prima.

"Berdasarkan laporan dari Satlak PRIMA dan KOI, Indonesia akan memberangkatkan sebanyak 534 Atlet, 166 ofisial pelatih dan manager serta 55 perangkat pendukung (KOI dan CDM), sehingga total sebanyak 755 orang Sebagaimana diketahui, semua keberangkatan kontingen Indonesia pada SEA Games 2017 akan didanai melalui APBN sebesar Rp 30,5 miliar," bunyi keterangan pers dikutip di situs resmi Kemenpora.

"Karena ada kekurangan anggaran, dalam perkembangannya Satlak Prima sepakat akan berkontribusi sebesar Rp 5 miliar. Sehingga masih ada kekurangan sebesar Rp 6 miliar sebagaimana yang diusulkan KOI. Namun demikian, Satlak Prima akan menutupi kekurangan anggaran sebesar Rp 6 miliar yang dibutuhkan, sehingga total kebutuhan untuk keberangkatan kontingen sudah dipenuhi semuanya dan itu sudah disampaikan dalam rapat tersebut," ujar pernyataan tersebut.

Kemenpora juga mengonfirmasi akan mengirim wasit dan juri untuk turut aktif di SEA Games 2017. Namun, soal biaya perjalanan dan akomodasi akan ditanggung oleh Kemenpora.

"Berdasarkan laporan dari perangkat CDM terdapat sekitar 20 wasit dan juri yang akan turut aktif dalam SEA Games 2017. Kemenpora diminta bantuannya untuk fasilitasi keberangkatan mereka, karena berbeda dengan event olahraga Internasional lainnya keberadaan perangkat wasit dan juri dari setiap anggota tidak sepenuhnya dibiayai transportasinya oleh pihak penyelenggara," jelas pernyataan tersebut.

SEA Games 2017 akan digelar pada 19-30 Agustus 2017. Total 38 cabang olahraga dengan 405 event akan dipertandingkan di pesta olahraga terbesar antarnegara Asia Tenggara tersebut.

Artikel Selanjutnya
Infografis: Mimpi 55 Emas SEA Games 2017 Tak Jadi Nyata
Artikel Selanjutnya
Mimpi 55 Medali Emas SEA Games Kandas