Sukses

Ini Ancaman Terbesar Tim Karate Indonesia di SEA Games 2017

Liputan6.com, Jakarta - Timnas karate Indonesia menyebut Vietnam dan Thailand sebagai rival terberat pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, 19-30 Agustus 2017. Namun, Indonesia justru paling mengkhawatirkan ancaman Malaysia yang kali ini bertindak sebagai tuan rumah.

Pelatih karate Indonesia, Baron Bahar, mengatakan kekuatan di cabang karate sebenarnya sulit diprediksi. Akan tetapi, berdasar hasil beberapa turnamen internasional terakhir, Vietnam dan Thailand dianggap bisa menjadi pesaing ketat bagi Tim Merah Putih. 

Terbukti, atlet-atlet dari negara-negara tersebut mampu meraih medali perak maupun perunggu pada Kejuaraan Karate Asia 2017 di Astara Sports Complex, Astana, Kazakhstan, 15-16 Juli 2017. Adapun Indonesia total memperoleh tiga medali perak dan lima medali perunggu pada kejuaraan itu. 

"Kekuatan Vietnam dan Thailand perlu diwaspadai, tapi sebenarnya mereka juga takut dengan Indonesia. Justru, yang membuat kami khawatir adalah Malaysia di SEA Games 2017 nanti, karena faktor nonteknis. Mereka kan tuan rumah," kata Baron, saat dijumpai Bola.com di sela-sela latihan di kawasan Permata Hijau, Jakarta, Selasa (1/8/2017). 

"Sebagai tuan rumah, mereka tentu ingin mendapatkan banyak medali. Faktor-faktor nonteknis seperti itu yang perlu diwaspadai," ujar Baron. 

Baron menambahkan, secara kualitas teknis, pemain-pemain Indonesia sebenarnya masih di atas Malaysia. "Ya tapi, kalau bicara nonteknis ya susah," imbuh pelatih kumite tersebut. 

Meski mengkhawatirkan ancaman faktor nonteknis, Indonesia tetap optimistis mampu memenuhi target menyumbangkan dua medali emas. Namun, Baron mengaku sulit memprediksi emas tersebut bakal dihasilkan dari nomor apa. "Semua nomor punya peluang juara, jadi tidak ada yang dibebani target khusus untuk juara. Semua diharapkan memberikan hasil terbaik," ujar Baron. 

Tim karate Indonesia total menurunkan 20 atlet pada SEA Games 2017 di Malaysia. Perinciannya, delapan karateka turun di nomor kata dan 12 atlet di nomor kumite. Kontingen karate terdiri atas 12 atlet putra dan delapan putri. 

 

 

Artikel Selanjutnya
Infografis: Mimpi 55 Emas SEA Games 2017 Tak Jadi Nyata
Artikel Selanjutnya
Atlet Malaysia Dedikasikan Gelar Juara SEA Games untuk Publik