Sukses

Timnas Voli Putri Indonesia Siap Tempur di SEA Games 2017

Timnas Voli Indonesia akan lebih fokus pada laga melawan Myanmar dalam penyisihan Grup A dan semifinal SEA Games 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Lawan berat sudah harus dihadapi Timnas Voli Putri Indonesia pada laga perdana Grup A SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Wilda Siti Nurfadilah dan kawan-kawan menghadapi juara bertahan Thailand di Hall 11 Malaysian International Trade & Exhibition Centre (MiTec) pada 23 Agustus mendatang.

Melawan Thailand di laga perdana SEA Games, Pelatih Timnas Voli Indonesia Risco Herlambang bersikap realistis. "Thailand tim kuat, di FIVB Volleyball World Grand Prix mereka mengalahkan Brasil dan Italia," kata Risco kepada Liputan6.com.

Risco menambahkan, tidak akan meminta pemainnya untuk bermain ngotot menghadapi Thailand. Dia khawatir, jika ngotot melawan Thailand, kekuatan timnya akan mengendur di laga berikutnya. "Karena fokus kita pada 25 dan 26 Agustus," ucapnya.

"Kecuali bertemu di final, kita habis-habisan. Nothing to lose."

Untuk 25 Agustus, Indonesia menghadapi Myanmar yang merupakan laga penentu siapa bakal jadi runner-up Grup A. Sementara untuk 26 Agustus merupakan laga semifinal. Jika Indonesia melaju ke semifinal, maka kemungkinan akan bertemu Vietnam atau Filipina dari Grup B.

"Lawan Myanmar, kita harus tetap waspada. Kita juga belum tahun kekuatan mereka," ucap Risco.

Soal lawan di semifinal jika Indonesia menjadi runner-up Grup A, Risco memilih Filipina ketimbang Vietnam. "Vietnam selalu menjadi momok untuk kita. Terakhir kita menang di SEA Games 1997. Namun, kemenangan atas Vietnam di VTV Cup 2017 yang berlangsung Vietnam membuat mental anak-anak naik," ucap Risco.

"Sementara Filipina kabarnya saya dengar latihan di Jepang. Peningkatannya bagus, variasi serangannya juga. Tetapi, kalau disuruh pilih siapa lawan di semifinal, saya pilih Filipina," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Tempur

Risco mengatakan, pemainnya sudah kondisi siap tempur menghadapi laga di SEA Games. "Alhamdulillah kondisi anak-anak baik. Sudah siap tempur," ucap mantan libero Timnas Voli Putra Indonesia itu.

Ia mengakui sempat ada kendala menjelang pesta olahraga dua tahunan itu. "Mega (Megawati Hangestri Pertiwi) sempat panas, sama April (Aprilia S Manganang) ada sedikit masalah di lututnya. Tapi, sekarang sudah baik," paparnya.

Timnas Voli Indonesia ditargetkan meraih medali perak pada SEA Games 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.