Sukses

Filipina Masih Kecewa Gol ke Gawang Indonesia U-22 Dianulir

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Timnas Filipina U-22 masih belum mau menerima keputusan wasit yang menganulir gol ke gawang Timnas Indonesia pada laga kedua penyisihan Grup B SEA Games 2017 di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Kamis (17/8/2017). Menurut kapten Filipina, Julian Clarino dirinya tidak melakukan pelanggaran apapun sebelum terciptanya gol.

Seperti dilansir Journal edisi Jumat (18/8/2019), kubu Filipina menilai gol Julian Clarino ke gawang Timnas Indonesia U-22 di menit ke-56 sebenarnya sah dan tidak pantas dianulir wasit Sudish Kumar Pandey.

Kapten tim Julian Clarino memang sempat membobol gawang Kurniawan Kartika Ajie memanfaatkan tendangan bebas Javier Gayoso dan kemelut di depan gawang Indonesia. Namun, Clarino dianggap offiside sehingga gol itu dinyatakan tidak sah dan dianulir.

"Saya bergerak hanya setelah bola menyentuh salah satu bek Indonesia," ujar Clarino perihal golnya itu.

Saat tercipta gol yang akhirnya dianulir itu, Filipina dalam posisi tertinggal 0-2 dan hal itu semakin meruntuhkan mental The Pinoys. Hingga akhirnya Indonesia mampu kembali menjebol gawang Joyel Ray Joseph menit ke-58 lewat tendangan ciamik Saddil Ramdani.

Padahal, menurut pelatih Timnas Filipina U-22 Marlon Maro, bila saja gol Clarino itu dinyatakan sah, permainan tim asuhannya bakal membaik dan pertandingan tidak akan berujung kekalahan telak.

Marlon Maro menambahkan bila ia juga tidak terima dengan dua gol yang bersarang ke gawang tim asuhannya, yakni yang dihasilkan Septian David Maulana menit ke-6 dan M. Hargianto (menit ke-46).

Hanya bedanya, untuk dua gol itu, ketidakpuasan Marlon lebih ditujukan pada anak buahnya, bukan pada wasit.

"Saya tidak bisa menerima dua gol awal itu karena kami kehilangan fokus dan konsentrasi pada pertahanan. Gol-gol itu tidak semestinya terjadi," tuturnya.

Kini, Timnas Filipina U-22 mencoba melupakan kekalahan itu dan fokus menatap pertandingan selanjutnya, melawan Vietnam, yang dimainkan di Stadion Shah Alam, Selangor, Minggu (20/8/2017).

"Asa kami ke semifinal belum tertutup (dengan kekalahan dari Indonesia). Dengan istirahat selama dua hari, saya harap 11 pemain utama saya lebih segar untuk pertandingan melawan Vietnam nanti," pungkas Marlon Maro mengakhiri pembicaraan.

Timnas Filipina U-22 saat ini ada di peringkat keempat klasemen sementara Grup B dengan poin tiga, mencetak dua gol dan kebobolan tiga gol.

Artikel Selanjutnya
Cuplikan Gol Myanmar Sebelum Kalah dari Timnas Indonesia U-19
Artikel Selanjutnya
Egy Maulana 2 Gol, Timnas Indonesia U-19 Bungkam Myanmar