Sukses

3 Negara Jawara SEA Games

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Ajang olahraga multievent tertinggi di Asia Tenggara, SEA Games 2017, Kuala Lumpur resmi dibuka, Sabtu (19/8/2017). Sebanyak 11 negara anggota ASEAN menurunkan atlet-atlet terbaiknya demi bisa meraih medali sebanyak-banyaknya.

SEA Games 2017 Kuala Lumpur resmi dibuka, Sabtu (19/8/2017). Sebelas negara anggota ASEAN berjibaku untuk meraih sebanyak mungkin medali di SEA Games yang kali ini berlangsung di Malaysia.

Sebelum berubah nama menjadi SEA Games, negara-negara Asia Tenggara berkompetisi di turnamen yang bernama Southeast Asian Peninsular Games.

Namun, peserta Southeast Asian Peninsular Games saat itu hanya tujuh negara, yang mayoritas berada di kawasan Indocina. Baru setelah 1977, Souteast Asian Peninsular Games berubah nama jadi SEA Games dan diikuti semua anggota ASEAN.

Sepanjang penyelenggaraannya, ada tiga negara tersukses di SEA Games. Negara-negara ini pun jadi unggulan dalam setiap penyelenggaraan SEA Games termasuk di SEA Games kali ini.

Berikut tiga negara yang jadi penguasa pada SEA Games.

1 dari 4 halaman

1. Indonesia

Indonesia selalu menargetkan jadi juara umum di setiap penyelenggaraan SEA Games. Tak heran, ini karena Merah Putih punya catatan bagus di ajang olahraga tertinggi di Asia Tenggara tersebut.

Indonesia tercatat telah mengemas total 4854 medali. Rinciannya, 1716 medali emas, 1558 medali perak, dan 1580 medali perunggu.

Sepanjang sejarah, Indonesia telah 10 kali jadi juara umum. Ini adalah jumlah tertinggi di antara negara-negara lainnya.

Di SEA Games, cabang-cabang unggulan Indonesia antara lain bulu tangkis dan angkat besi.

2 dari 4 halaman

2. Thailand

Negeri Gajah Putih termasuk jawara olahraga di Asia Tenggara. Terbukti, mereka berada di tempat kedua sebagai pengoleksi medali terbanyak di SEA Games kali ini.

Thailand tercatat telah mengantongi 4669 medali yang terbagi ke dalam 1716 medali emas, 1558 medali perak, dan 1580 medali perunggu.

Keperkasaan Thailand di SEA Games sebetulnya tak mengherankan. Pasalnya, mereka sudah jadi pengumpul medali terbanyak sejak Southeast Asian Peninsular Games.

Di ajang tersebut, Thailand mengoleksi 893 medali. Rinciannya, 374 medali emas, 257, dan 262 perunggu.

Total, Thailand sudah tujuh kali jadi juara umum SEA Games.

3 dari 4 halaman

3. Filipina

Tahun 2005 menjadi tahun emas buat Filipina. Pasalnya, di tahun itulah mereka keluar sebagai juara umum SEA Games di tanah air mereka sendiri.

Kegemilangan di tahun 2005 mendongkrak posisi Filipina dalam tabel pengoleksi medali terbanyak SEA Games. Filipina kini berada di peringkat ketiga dengan total 3232 medali.

Total, Filipina telah mengemas 894 medali, 1042 medali perak, dan 1296 medali perunggu. Cabang olahraga basket menjadi andalan Filipina dalam mendulang medali emas.

Sejak SEA Games 1977, Filipina hanya dua kali gagal meraih medali emas yaitu pada edisi 1979 dan 1989. Di dua edisi itu, Filipina kalah dari Malaysia.

 

* CLEAR mendukung athlete Indonesia untuk terus #PakaiKepalaDingin dan jadi juara. Banyak tantangan yang akan dihadapi para atlet saat sesi latihan ataupun pertandingan, terutama kelelahan serta munculnya keringat berlebih di kepala. CLEAR Ice Cool Menthol memberikan 3X kesegaran, shampoo pilihan no.1 di Indonesia untuk cara menghilangkan ketombe. Tak perlu khawatir dengan adanya ketombe, hadapi dengan shampoo anti ketombe terbaik.

Artikel Selanjutnya
Infografis: Mimpi 55 Emas SEA Games 2017 Tak Jadi Nyata
Artikel Selanjutnya
Klasemen Akhir SEA Games 2017: Indonesia Gagal Capai Target