Sukses

Rahasia Unik Dibalik Banyak Nama Nguyen di Timnas Vietnam

Liputan6.com, Jakarta Di ajang Piala Eropa 2016 kehadiran Islandia sempat menyita perhatian pecinta sepak bola. Bukan hanya sukses melanggeng ke babak delapan besar, tapi keunikan nama pemain yang seluruhnya berakhiran -son sempat jadi buah bibir.

Masih lekat di ingatan pecinta sepak bola dunia kala Islandia berhasil melanggeng ke babak delapan besar Piala Eropa 2016. Kala itu hampir seluruh pemainnya memiliki nama berakhiran -son.

Jika Islandia punya budaya penamaan -son, lain halnya dengan sepertiga lebih penduduk Vietnam yang punya nama Nguyen. Nama ini bisa dilihat dari deretan pemain timnas Vietnam yang berlaga di SEA Games 2017.

Dilansir dari laman Nextshark, dua dari lima orang di Vietnam ternyata bernama Nguyen. Jumlah itu lebih besar dibandingkan dengan nama Muhammad atau Ahmad di Indonesia, serta Kim di Korea, dan Smith di Australia.

Mulai dari penyerang berbahaya Nguyen Chong Phuong sampai pelatih kepalanya, Nguyen Huu Thang, panggilan ini menandakan eksistensi orang keturunan Dinasti Nguyen.

Sejak tahun 1802, ditengarai orang-orang Vietnam mulai gemar menamai anak mereka dengan nama Nguyen. Pasalnya, ketika itu Dinasti Nguyen berhasil mengambil alih kekuasaan dari Dinasti Mac.

Di tengah Kekaisaran Nguyen Lords, orang-orang mengganti nama mereka agar ingin terhindar dari kewajiban membayar pajak. Selain itu, mereka berharap bisa terhindar dari eksekusi mati, karena punya hubungan dengan Dinasti Mac.

Sejak saat itu, nama Nguyen mulai tersebar penggunaannya sampai sekarang. Konon, jika seseorang memiliki nama Nguyen, maka hidup mereka akan terbebas dan gangguan, penganiayaan, dan berpengaruh pada masyarakat sekitar.

Kini orang yang menyematkan sub-nama tersebut tak ada hubungannya langsung dengan Dinasti Nguyen. Orang-orang bakal sadar jika Nguyen keturunan ningrat jika mereka mengemban nama Nguyen Phuoc atau Nguyen Phuc.

Timnas Indonesia akan tampil menghadapi Vietnam dalam babak penyisihan grup SEA Games 2017 pada Selasa (22/8) malam nanti. Temukan sub-nama Nguyen dalam daftar 24 pemain ini.

1 dari 2 halaman

Daftar Pemain Timnas Vietnam U-22

Penjaga Gawang:
Bui Tien Dungg (FLC Thanh Hoa)
Phi Minh Long (Hanoi FC)
Do Sy Huy (Hanoi FC).

Bek:
Bui Tien Dũng (Viettel),
Tran Dình Trong (Saigon FC),
Hoang Van Khánh (Song Lam Nghe An),
Tran Van Kien (Hanoi FC),
Huỳnh Tan Sinh (Quang Nam FC),
Vũ Van Thanh (Hoang Anh Gia Lai),
Doan Van Hau (Hanoi FC),
Ho Tan Tai (Binh Dinh),
Do Thanh Thịnh (SHB Da Nang).

Gelandang:
Nguyen Tuan Anh (Hoang Anh Gia Lai),
Lưong Xuan Trưong (Gangwon FC),
Tran Huu Dông Trieu (Hoang Anh Gia Lai),
Nguyen Van Toan (Hoang Anh Gia Lai),
Lam Ti Phong (Sanna.Khanh Hoa),
Nguyen Quang Hai (Hanoi FC),
NguyenPhong Hong Duy (Hoang Anh Gia Lai),
DoDuy Mạnh (Hanoi FC).

Penyerang:
Nguyen Cong Phuong (Hoang Anh Gia Lai),
Ha Duc Chinh (SHB Da Nang),
Ho Tuan Tài (Song Lam Nghe An),
Le Thanh Binh (FLC Thanh Hoa).

Pelatih: Nguyen Huu Thang

Artikel Selanjutnya
Duel Bintang Timnas Myanmar U-19 Vs Timnas U-19 Indonesia
Artikel Selanjutnya
Top 10 Berita Bola: Pacar Ezra Walian dan Timnas Indonesia U-19