Sukses

Wawancara Siman Usai Raih Emas dan Pecahkan Rekor SEA Games

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Perenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa menyumbang emas bagi Indonesia di SEA Games 2017, Kuala Lumpur, Malaysia. Siman berhak kalungi medali emas setelah jadi yang tercepat pada final nomor gaya punggun 50 meter putra. Perenang asal Bali itu tak terkejar pesaingnya usai mencatatkan waktu 25,20 detik.

Selain merebut medali emas, Siman juga memecahkan rekor SEA Games. Ini merupakan emas pertama dari cabang renang yang berhasil direbut pada ajang SEA Games 2017. 

Posisi kedua ditempat perenang Singapura Francis Jiya Fi Yong dengan catatan waktu, 25.39 detik. Disusul perenang Vietnam, Paul Le Nguyen dengan catatan waktu 25.82 detik.

Siman sangat bersyukur bisa menyumbangkan emas bagi Indonesia. Apalagi, medali ini sempat hilang saat dia tampil di SEA Games yang berlangsung di Singapura, dua tahun lalu. Padahal dalam dua SEA Games sebelumnya, Siman tidak pernah absen menggondol emas. 

Dukungan keluarga ternyata berperan besar di balik kesuksesan Siman tahun ini. Selain itu, peran pelatih baru juga membuatnya teknik renangnya semakin mumpuni. Kepingan emas yang berhasil diraih di National Aquatic Center, Bukit Jalil, Malaysia, juga membuat rasa percaya diri Siman untuk merebut kepingan medali pada ajang Asian Games 2018 nanti. 

Masih banyak cerita yang disampaikan Siman usai perlombaan di Bukit Jalil. Kepada para wartawan, termasuk Liputan6.com, Siman juga menyampaikan arti penting emas yang baru saja diraihnya. Seperti apa cerita lengkapnya, berikut wawancara selengkapnya:

 

 

Artikel Selanjutnya
Update Perolehan Medali SEA Games 2017
Artikel Selanjutnya
Target Timnas Kriket Tercapai di SEA Games, PCI Puas