Sukses

Medali Emas Pesenam Rifda Irfanaluthfi Nyaris Diambil Malaysia

Rifda sempat dinyatakan hanya memperoleh medali perak.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Medali emas yang direbut pesenam putri Indonesia, Rifda Irfanalutfhi dari nomor balok keseimbangan, Rabu (23/8/2017), nyaris melayang. Juri sempat menyatakan bahwa atlet Malaysia, Tan Ing Yueh yang berhak meraih emas SEA Games 2017.

Sebelumnya, Rifda sempat dinyatakan hanya memperoleh medali perak dan atlet Malaysia Tan Ing Yueh, yang meraih emas. Rifda dan pelatihnya melancarkan protes karena ada nilai yang tidak terhitung.

Usai pertandingan cabang olahraga senam SEA Games 2017 yang berlangsung di Mitec, Kuala Lumpur, Malaysia itu protes Rifda dan pelatih akhirnya diterima. Pada nomor balok keseimbangan itu, akhirnya nilai Rifda mencapai 13.125 poin mengalahkan atlet Malaysia, Tan Ing Yueh.

"Tadi pelatih saya juga ikut mencatat. Nah, catatan pelatih sama seperti juri pertama. Kemudian disamakan dan ternyata benar ada poin yang tak terhitung," kata Rifda kepada wartawan, Rabu (23/8/2017).



Ini merupakan medali emas pertama Rifda di ajang SEA Games. Dia tak menyangka merebut emas di nomor balok keseimbangan, karena awalnya Rifda menargetkan emas di nomor senam lantai.

"Rasanya seperti merinding, gemetar, terharu, semuanya. Ini adalah emas pertama saya di kejuaraan internasional," ujar wanita kelahiran Jakarta tersebut.  

Sementara itu, pesenam Malaysia, Tan Ing Yueh mengaku tak dendam dengan Rifda setelah emas miliknya direbut. "Ya, ini keputusan wasit. Saya terima saja hasilnya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.